Kisah di Balik Nomor 26 yang Dipakai Andritany Ardhiyasa di Persija

Dewacash.news – Nomor punggung 26 di Persija Jakarta sudah identik dengan Andritany Ardhiyasa. Nomor tersebut sudah dikenakannya sejak pertama kali bergabung pada 2010.

Namun, ada kisah menarik di balik pemilihan nomor tersebut. Pasalnya, kiper yang biasa disapa Bagol itu ternyata lebih suka dengan nomor 12, bukan 26.

Nomor 12 itulah yang pertama dia minta saat direkrut Macan Kemayoran. Namun, permintaan itu tak dikabulkan manajemen.

“Awalnya pada 2010 saat datang ke Persija, saya minta nomor 12 Bung Ferry (Paulus) saat itu dia menjabat sebagai asisten. Akan tetapi dia melarangnya karena nomor ini (12) milik Jakmania. Akhirnya saya tidak mengambil nomor itu,” ujar Andritany dikutip situs resmi klub, Minggu (5/7/2020).

Andritany mengaku, 12 adalah nomor favoritnya, karena nomor tersebut merupakan bulan kelahirannya, Desember. Selain itu, dia juga kerap mengenakan nomor tersebut di Timnas Indonesia sejak junior hingga senior.

“Saya sudah pakai nomor 12 sejak di Timnas tahun 2011 pada SEA Games di Jakarta. Terus SEA Games Myanmar pakai 12 juga, Asian Games 2014 di Korea Selatan pakai 12, terus di Asian Games Indonesia pakai 12. Jadi beberapa event pakai 12,” Andritany menjelaskan.

Namun, karena tak mendapat izin memakai nomor tersebut di Persija, akhirnya adik defender Bhayangkara FC Indra Kahfi itu memilih nomor 26. Pilihan tersebut juga berdasarkan tanggal kelahirannya, 26 Desember 1991. Kebetulan di klub sebelumnya, Sriwijaya FC, dia sudah menggunakan nomor punggung 26.

“Sekali lagi nomor 12 tidak bisa diambil pemain lain alhasil saya pilih nomor 26. Kebetulan di Sriwijaya FC juga menggunakan nomor ini karena saya tidak bisa menggunakan nomor 12 karena sudah digunakan oleh Ferry Rotinsulu. Awalnya di sana pakai 91 lalu pindah ke 26, setelah pindah 26 bertahan sampai sekarang ini di Persija,” ujar Andritany.