Kartu Merah buat Pemain yang Sengaja Batuk ke Lawan

Dewacash.news – Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) mengumumkan beberapa perubahan pada peraturan di pertandingan mulai musim depan. Perubahan itu pun dilakukan sebagai protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Salah satu peraturan yang diumumkan adalah larangan batuk dengan sengaja diarahkan ke pemain atau ofisial. Para pemain dianjurkan jika memang batuk, untuk menjauh dari pemain dan ofisial lain.

Jika dengan sengaja mendekati pemain lain dan batuk di dekatnya, maka wasit berhak memberikan hukuman berat. Wasit diperbolehkan untuk mencabut kartu merah dan menganggap hal itu sebagai pelanggaran berat.

“Mengingat kondisi terkait Covid-19, jika seorang pemain dengan sengaja batuk di depan muka pemain lain, staf tim atau ofisial pertandingan, maka hal itu termasuk pelanggaran seperti menghina,” bunyi pernyataan resmi FA, Rabu (5/8/2020).

“Sama seperti pelanggaran lainnya, wasit harus membuat keputusan yang sesuai. Jika memang tidak disengaja, wasit tak perlu mengambil tindakan. Namun, jika memang cukup dekat dengan pemain lain, wasit diperbolehkan mengambil tindakan,” tutur pernyataan itu lagi.

Sejumlah peraturan lain sudah diciptakan sejak kompetisi kembali bergulir. Di antaranya adalah larangan untuk merayakan gol secara berlebihan dengan berkumpul berdekatan.