Man of the Match Slovakia vs Spanyol: Sergio Busquets

DewaCash.newsSpanyol mengakhiri perjalanannya di fase grup Euro 2020 dengan kemenangan telak atas Slovakia, Rabu (23/6/2021). Bermain di Estadio de La Cartuja, pasukan Luis Enrique itu menang dengan skor 5-0.

La Furia Roja, begitu julukannya, menutup babak pertama dengan keadaan unggul 2-0. Gol bunuh diri Martin Dubravka serta sundulan Aymeric Laporte membuat aroma kemenangan Spanyol menjadi semakin pekat.

Tiga gol tambahan dihasilkan di babak kedua. Berawal dari aksi Pablo Sarabia, ditambah gol dari Ferran Torres serta Juraj Kucka yang mengikuti langkah Dubravka membuat pertandingan bisa ditutup dengan skor 5-0 untuk Spanyol.

Tambahan tiga poin membuat Spanyol bisa dipastikan lolos ke babak 16 besar. Sayangnya mereka gagal mendapatkan status juara grup E lantaran pesaingnya, Swedia, sukses mengalahkan Polandia pada menit-menit akhir pertandingan.

Man of the Match

Ada tiga pemain berbeda yang mempersembahkan gol buat Spanyol di pertandingan kali ini. Namun UEFA memilih sosok yang tidak mencantumkan namanya di papan skor, yakni sang gelandang, Sergio Busquets.

Kehadiran Busquets di lini tengah memang cukup terasa. Penggawa Barcelona tersebut mampu menjadi penyaring sekaligus pemberi keseimbangan dalam permainan La Furia Roja sehingga bisa meraih kemenangan.

Whoscored mencatat bahwa Busquets menyelesaikan 44 dari 51 operan serta membuat dua umpan kunci. Ia memenangkan tiga duel udara yang dilakukan di area pertahanan Spanyol serta membukukan satu tackling dan satu intersep.

“Permainan yang sempurna: dia memberikan keseimbangan kepada tim dalam menyerang maupun bertahan. Panutan dalam penempatan posisi dan kecerdasan permainan,” ujar pengamat teknis UEFA, Gines Melendez.