Barcelona Tak Berkutik Saat Kontra Bayern Munchen, Welcome Europa League

DewaCash.news – Bayern Munchen lolos ke babak 16 besar Liga Champions dengan torehan sempurna usai mengalahkan Barcelona pada hari Kamis (9/12/2021). Kemenangan dengan skor telak 3-0 itu juga mengantarkan Barcelona ke ajang Liga Europa.

Barcelona sejatinya memiliki beberapa peluang emas untuk mencetak gol di awal laga yang digelar di Allianz Arena tersebut. Jordi Alba dan Memphis Depay sempat mengancam gawang Bayern Munchen, tapi tak mampu mengubah kedudukan.

Beda halnya dengan Die Bavarians. Mereka bisa memanfaatkan peluang emas dan terbukti pada menit ke-34. Thomas Muller membuat Munchen unggul 1-0 lewat sundulannya setelah memanfaatkan asis dari Robert Lewandowski.

Jelang akhir babak pertama, pasukan Julian Nagelsmann tersebut mencetak gol kedua melalui aksi Leroy Sane. Ia berhasil membidik pojok kiri gawang Marc-Andre ter Stegen setelah menerima umpan dari Kingsley Coman. 2-0.

Gol kedua Bayern Munchen membuat harapan Barcelona untuk lolos ke babak 16 besar semakin menipis. Apalagi, klub besutan Xavi Hernandez itu gagal memanfaatkan sisa-sisa menit babak pertama untuk mencetak gol.

Babak Kedua

Barcelona langsung dikejutkan oleh serangan Bayern Munchen. Tepatnya pada menit ke-48, Muller mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol keduanya. Sayang, sentuhannya mengarah tepat ke pelukan Ter Stegen.

Munchen tidak menyia-nyiakan peluang emas berikutnya yang didapatkan pada menit ke-62. Jamal Musiala membubuhkan namanya di papan skor setelah menerima asis dari Alphonso Davies, dan membuat kedudukan berubah jadi 3-0.

Harapan Barcelona untuk meraih kemenangan semakin tipis seiring dengan pertandingan yang telah memasuki 15 menit akhir. Sepertinya, takkan ada keajaiban yang bisa membuat Barcelona membalikkan kedudukan dengan gemilang.

Setelah unggul tiga gol, Bayern Munchen mengendurkan serangannya. Raksasa Jerman tersebut juga memberikan kesempatan kepada pemain muda seperti Malik Tillman dan Tanguy Nianzou untuk menyicipi kerasnya Liga Champions.

Barcelona dibuat frustrasi oleh lini belakang Munchen yang tampil disiplin dan tidak meninggalkan celah. Situasi tersebut bertahan sampai wasit meniupkan peluit panjang. Munchen pun dinyatakan sebagai pemenang dengan skor telak 3-0.

Susunan Pemain

Bayern Munchen (4-2-3-1): Manuel Neuer; Benjamin Pavard, Dayot Upamecano, Niklas Sule (Tanguy Nianzou 78′), Alphonso Davies (Omar Richards 71′); Corentin Tolisso (Marc Roca 60′), Jamal Musiala; Kingsley Coman (Bouna Sarr 71′), Thomas Muller, Leroy Sane; Robert Lewandowski (Malik Tillman 77′).

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Ronald Araujo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba (Oscar Mingueza 31′); Pablo Gaviria (Yusuf Demir 86′), Sergio Busquets, Frenkie de Jong (Riqui Puig 73′); Sergino Dest (Nico Gonzalez 46′), Memphis Depay, Ousmane Dembele (Philippe Coutinho 73′).