Persiapan Jelang Final Liga Champions Eropa 2022 Mewarnai Berita Olahraga Dunia

Salah satu berita olahraga yang sedang diperbincangkan adalah semakin dekatnya partai final Liga Champions Eropa yang akan digelar pada tanggal 28 Mei 2022 mendatang. Partai final Liga Champions 2022 ini akan menjadi partai ulangan final tahun 2017 yang digelar di Stadion Olimpiade NSC di kota Kiev, Ukraina. Pada laga tersebut, Real Madrid sukses mengalahkan Liverpool dengan skor 3 – 1 dan mencatatkan gelar ke-13 bagi klub raksasa asa Spanyol tersebut.

Berita Olahraga : Venue Partai Final Liga Champions Eropa 2022

Laga final Liga Champions Eropa 2022 mendatang akan dilangsungkan di Stade de France, Saint Denis, Prancis. Partai puncak kompetisi antar klub Eropa ini pada awalnya direncanakan digelar di Allianz Arena, kandang Bayern Munich di Jerman. Akan tetapi karena penundaan dan pergantian lokasi partai final Liga Champions Eropa tahun 2020 dari Stadion Olimpiade Ataturk di Istanbul, Turki ke Estadio da Luz di kota Lisbon, Portugal. 

Kemudian Allianz Arena akan digunakan pada partai final 2023 dan partai final 2022 akan digelar di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Rusia. Stadion Krestovsky ini sebelumnya ditunjuk sebagai penyelenggara gelaran partai final tahun 2021, akan tetapi dibatalkan dan akhirnya dilangsungkan di Estadio do Dragao di kota Porto, Portugal. 

Rencana tahun ini untuk menggelar partai final di Saint Petersburg ini pun harus urung karena terjadi perang Rusia – Ukraina dan akhirnya dipindahkan ke Paris. Stade de France sendiri sudah pernah menggelar 2 kali partai final Liga Champions Eropa, yang pertama pada tahun 2000 dan final Liga Champions kembali ke ibukota Perancis lagi pada tahun 2006.

Kondisi pemain kedua tim finalis akan terus menjadi pantauan khalayak melalui berita olahraga hingga jelang partai final nanti digelar. Liverpool kini masih berjuang menjaga peluang menjadi juara Liga Primer Inggris, sementara Real Madrid sudah pasti memenangkan gelar La Liga musim ini.

berita olahraga

Profil Kedua Finalis Liga Champions Eropa 2022

Real Madrid sepertinya akan selalu menjadi tim yang diunggulkan di kompetisi Eropa karena tradisi kuat mereka yang memenangkan turnamen ini sebanyak 13 kali. Real Madrid bahkan memenangkan gelar juara Eropa ini selama 3 tahun berturut – turut antara tahun 2016 hingga 2018.

Mental juara dan kekuatan tradisi mereka memenangkan kejuaraan Eropa ditunjukkan pada partai semifinal ketika melawan wakil Inggris Manchester City. Tim asuhan Carlo Ancelotti tersebut kalah dengan skor 4 – 3 di kandang the Citizens sebelum memenangkan pertandingan kedua dengan skor 3 – 1 melalui perpanjangan waktu dan menang dengan agregat gol 6 – 5. 

Sementara itu Liverpool merupakan salah satu klub asal Inggris yang paling sukses di kejuaraan Eropa. The Reds mencatatkan 6 kali memenangkan Liga Champions Eropa dan terakhir kali terjadi pada tahun 2019. 

Setelah pada tahun 2018 dikalahkan Real Madrid di partai final, Liverpool kembali sukses mencapai final pada tahun 2019 dan memenangkan pertandingan final melawan Tottenham Hotspurs di Stadion Wanda Metropolitano kota Madrid dengan skor 2 – 0 melalui gol penalti Mohamed Salah di menit kedua dan gol Divock Origi di menit 87. 

Pada partai final tahun 2022 ini, Liverpool berpotensi membalas dendam kekalahan menyakitkan pada tahun 2018. Tim asuhan Jurgen Klopp kalah dengan skor 3 – 1 setelah penjaga gawang Loris Karius melakukan dua buah blunder yang menghasilkan gol bagi Real Madrid. 

Mengingat tradisi kuat kedua tim dan kekuatan kedua tim yang sangat kuat di kompetisi domestik maupun Eropa, persiapan kedua tim menuju partai final Liga Champions tahun ini menjadi berita olahraga yang terus dinanti.