Kedatangan Erling Haaland ke Manchester City Menghebohkan Berita Bola Dunia

Ketika musim kompetisi liga sepakbola Eropa musim 2021 – 2022 belum berakhir, publik sudah dikejutkan dengan berita bola tentang perekrutan Erling Haaland dari Borussia Dortmund ke Manchester City. Klub asal Inggris tersebut kembali melakukan belanja pemain mahal dengan mendatangkan penyerang asa Norwegia tersebut.

Berita Bola : Erling Halland Kembali ke Inggris Bersama Manchester City

Sejak awal musim ini beberapa klub sudah dikabarkan ingin mendapatkan Erling Haaland yang menunjukkan penampilan sangat bagus sehingga menarik minat klub – klub besar. Terlebih lagi pihak Borussia Dortmund menyebut penyerang tersebut siap dilepas jika ada klub yang bersedia mengaktifkan klausul penjualan sang pemain yang memiliki nilai 60 juta Euro atau setara dengan 51,2 juta Poundsterling. 

Klub asal Jerman tersebut memang dikenal sukses mengorbitkan pemain muda yang direkrut dengan harga murah, kemudian dijual dengan harga mahal. Skema serupa pernah terjadi pada sosok Christian Pulisic yang kini berseragam Chelsea dan Jadon Sancho yang sudah merapat ke Manchester United.

Masa depan seorang Erling Haaland baru saja diumumnya dan menjadi berita bola yang cukup menghebohkan. Manchester City secara mengejutkan mengumumkan keberhasilan merekrut Haaland dan mengalahkan Real Madrid serta Barcelona yang disebut – sebut juga sangat berminat mendatangkan penyerang 21 tahun tersebut.

Dikabarkan pihak kedua klub, agen dan pemain sudah membuat kesepakatan pindah dan sang pemain akan secara resmi diumumkan sebagai pemain baru Manchester City pada tanggal 1 Juli 2022 mendatang. Bahkan Haaland sudah menjalani pemeriksaan medis di Manchester City pada tanggal 9 Mei 2022 lalu dan dinyatakan lolos.

Borussia Dortmund akan mendapatkan kompensasi total biaya transfer lebih dari 75 juta Euro atau setara dengan 1,1 triliun Rupiah jika termasuk dengan bonus dan lain – lain. Manchester City memang tidak memiliki penyerang murni yang bisa berperan sebagai target man setelah kontrak Sergio Aguero berakhir. 

Sosok Haaland sebenarnya tidaklah asing dengan tanah Inggris dan juga dengan klub Manchester City, ia dilahirkan pada 21 Juli 2000 di kota Leeds, Inggris. Ayahnya adalah Alfie Haaland, seorang pemain sepakbola profesional yang saat itu bermain sebagai pemain belakang Leeds United dan berlaga di Liga Primer Inggris. Pada musim 2000 – 2003, Alfie Haaland bermain untuk Manchester City dan mencatat 3 gol di 38 penampilan Liga Primer Inggris. 

berita bola

Rekam Jejak Erling Haaland

Karir sepakbola seorang Erling Haaland dimulai di negaranya ketika ia bergabung dengan akademi sepakbola Bryne dan kemudian direkrut oleh Ole Gunnar Solskjaer yang waktu itu menangani Molde ketika masih berusia 16 tahun. 

Permainan Haaland bersama tim utama Molde di musim 2017 – 2019 menghasilkan catatan 14 gol dari 39 kali penampilan. Produktivitas gol tersebut cukup untuk menarik minat Red Bull Salzburg untuk merekrutnya di awal musim 2019. Haaland yang waktu itu masih berusia 18 tahun kemudian bermain selama 1 musim dan menorehkan catatan 17 gol di 16 kali penampilan.

Produktivitas gol luar biasa dan gaya permainannya yang lugas membuat Haaland direkrut oleh Borussia Dortmund di akhir musim 2019 – 2020. Dortmund membayar 20 juta Euro ketika mendatangkan Haaland dengan kontrak selama 4 setengah tahun.

Setelah hampir tiga musim berseragam Borussia Dortmund, Haaland sudah mencatat torehan gol sebanyak 61 gol di pertandingan Bundesliga pada 66 pertandingan. Pada musim pertamanya berseragam Borussia Dortmund, Haaland mencatat total 44 gol di 40 pertandingan pada semua kompetisi. Sedangkan di musim keduanya Haaland mencetak total 41 gol di semua kompetisi, 27 di antaranya dicetak pada pertandingan liga domestik dan 10 gol di Liga Champions.

Kedatangan Haaland ke Manchester City dan meneruskan jejak ayahnya menjadi berita bola yang hangat dibicarakan mengingat rekam jejak luar biasa yang dimiliki dan peluangnya membawa klub asal kota Manchester tersebut mendominasi kompetisi domestik dan juga Eropa.